Breaking News
Loading...
Friday, May 1, 2015

Smartphonemu Tahan Virus/Malware ?, Mari kita uji !!

10:20 PM
Perkembangan Gadget saat ini luar biasa, semakin banyak pengguna yg meng-akses Internet menyaingi pengguna perangkat PC atau pun Laptop.

Semakin canggih perangkat yang kita gunakan, maka akan semakin banyak aplikasi yang bermunculan yang bisa di unduh melalui market penyedia platform masing-masing, kebetulan sy pengguna Android, bisa jadi waktu kita mengunduh Aplikasi di Play Store market milik Android ataupun dari website-website yang tidak resmi dan aplikasi tersebut berupa malware atau aplikasi yg bisa merugikan pengguna.. seperti apa hal yg merugikan ?, bisa saja aplikasi tersebut adalah sebuah malware yang mengendalikan Smartphone kita, seperti merekam akun kita dan mengirimkan ke server pembuat aplikasi tersebut, bisa juga seperti spam yang terus menerus membuka iklan tanpa kita sadari dan membuat Smarphone kita menjadi sangat lambat, bisa juga mengakibatkan rusak Sistem Operasi Smartphone kita.

Berikut adalah tips untuk menguji Smartphone kita dari serangan Malware / Virus :
1). Buat pengguna Android, Unduhlah EICAR ANTIVIRUS TEST di Play Store atau di Market pada Platform OS nya masing-masing. (lihat gambar pada Play Store)


2) Selanjutnya, Install / Pasang lah Aplikasi EICAR di Smartphonemu sampai selesai,
- Apakah Smartphone sobat menangkap Aplikasi EICAR sebagai Malware atau Virus ??
Bila tidak, maka Smartphone sobat akan mudah terinfeksi Virus dan akan dikuasai Malware! berhati-hatilah terhadap Privasi Akun sobat dan kerusakan Smartphone sobat.

3) SOLUSINYA, untuk Solusinya; silahkan sobat UNDUH dan Memasang Antivirus yang bagus dari Play Store, Misalnya : Panda Security Mobile, Avast dan lainnya yang sobat anggap bagus.
Untuk CONTOH saya menggunakan Panda Security Mobile,
LALU.. Mari kita Uji Kembali dengan memasang/Install EICAR Antivirus Test, Bila Antivirus yang sobat pasang mampu menangkap EICAR sebagai Malware, maka Smartphone sobat sudah AMAN (Lihat Gambar : Panda-AV menangkap EICAR sebagai Malware)


4).Perhatikan!,  Bila Antivirus sobat menangkap seperti gambar diatas, silahkan di Uninstall saja, karena Aplikasi yg ditangkap pasti berpotensi berbahaya untuk Smartphone kita... Selesai!

Oke sobat, Semoga bermanfaat.. Keep Spirit & Keep Smile! :)

1 komentar :

 
Toggle Footer